Berburu Mangga di Bakkara, Kedinginan di Hutaginjang

Perjalanan seharian menyaksikan keindahan Danau Toba kali ini dimulai dengan perjalanan kira-kira 1,5 jam dari Laguboti menuju Muara. Udara masih terasa dingin ketika saya dan teman-teman tiba di Muara.

Muara adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Dan lagi-lagi letaknya di tepi Danau Toba dan dikelilingi pegunungan. Komplit lah, ada danau dan ada gunung 🙂

Setelah beristirahat menggerakkan badan, perjalanan dilanjutkan. Kita ke mana? Mengelilingi Pulau Sibandang sampai ke Bakkara dengan kapal motor. Pulau Sibandang terkenal dengan mangganya yang enak dan manis rasanya.

Setelah mengelilingi Pulau Sibandang, perjalanan dilanjutkan ke Bakkara. Ingat Bakkara pasti ingat Raja Sisingamangaraja. Yap, Raja Sisingamangaraja lahir di Tombak Sulu Sulu, Bakkara.

Bakkara yang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan juga terkenal dengan bawang merah dan Aek Sipangolu (air yang menghidupkan). Konon menurut cerita jika seseorang terkena jenis penyakit apapun apabila orang tersebut berendam atau meminum air dari Aek Sipangolu maka ia akan sembuh. Aek Sipangolu adalah sumber air yang keluar dari batu dan mengalir sepanjang masa, airnya segar dan jernih dan bermuara di Danau Toba.

Sangat beruntung, dalam perjalanan kali ini adalah musimnya mangga. Di sepanjang jalan di Bakkara, di sisi jalan yang berdekatan dengan danau, pohon-pohon mangga berbuah lebat. Rasanya segar dan manis, apalagi buah mangganya langsung dipetik dari pohon, nyam…nyam…nyam… 🙂

Puas menikmati mangga dan segarnya Aek Sipangolu, saya dan teman-teman kembali ke Muara dan menikmati makan siang di pantai Desa Rajagukguk. Mantap.

Tujuan terakhir setelah Muara adalah Hutaginjang. Di Hutaginjang yang berada di ketinggian 1550 mdpl ini yang berada di ketinggian 1550 mdpl, kita dapat memandang keindahan dan luasnya Danau Toba. Di tempat ini juga sering dilaksanakan pertandingan paralayang. Pasti seru ya bisa melayang di atas Danau Toba. Keren.

Setelah puas menikmati keindahan Danau Toba dan kedinginan, saya dan teman-teman melanjutkan perjalanan pulang ke Laguboti.

Sampai bertemu di perjalanan berikutnya 🙂

Advertisements

One thought on “Berburu Mangga di Bakkara, Kedinginan di Hutaginjang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s